Selasa, 01 Januari 2019

Tanaman Kopi


Tanaman Kopi
Kopi adalah tanaman tahunan yang dapat mencapai usia poduktif hingga 20 tahun. Kopi merupakan komonditas tanaman perkebunan yang paling banyak di perdagangkan, jadi tak heran jika kopi banyak ditanam atau dibudidayakan. Pusat budidaya kopi ini terdapat di Amerika latin, Asia-Pasifik, Amerika tengah dan Afrika. Sedangkan untuk konsumen kopi terbesar berada di negara-negara di benua Eropa dan juga Amerika utara. Membudidayakan kopi haruslah memilih jenis tanaman kopi yang baik, karena jenis tanaman merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan budidaya. Selain jenis tanaman kopi, faktor yang mempengaruhi keberhasilan budidaya kopi atara lain teknik budidaya mulai dari penanaman hingga panen dan pasca panen dan masih banyak yang lainnya.
·      Sejarah Tanaman Kopi dari Masa ke Masa
~    1000 SM Kopi mulai dikenal oleh suku Galla di Afrika Timur.
~    >5 M Kopi sudah dikenal di pelosok Ethopia
~    700-1000 M Kopi dikenal pertama kali oleh bangsa Arab sebagai minuman energi (untuk begadang). Penyebaran kopi dimulai saat itu bersamaan dengan penyebaran Islam. Sumber kopi pertama di Mocha salah satu derah di Yaman.
~    1000 M Ibnu Sina menyelidiki zat kimiawi kopi, dokumennya merupakan dokumen pertama yang diketahui membedah kopi dari ilmu kedokteran dan kesehatan.
~    1400 M Penyebaran kopi dan kedai kopi pesat di jazirah Arab, terutama Mekkah dan Madinah.
~    1453 M Kopi diperkenalkan di Konstantinopel oleh bangsa Turki (kesultanan Utsmaniyah). Kedai kopi yang pertama kali tercatat di sana bernama Kiva Han, dibuka tahun 1475.
~    1600 M Paus Clement VIII, menegaskan untuk mempertimbangkan bahwa ‘budaya ngopi’ merupakan sebuah bid’ah, ‘budaya luar’ yang dapat mengancam (infidel) dan karena itu berdosa bagi yang meminumnya. Namun kemudian ia mengizinkan jika ‘ngopi’ menjadi bagian (alternatif) dari makanan/minuman yang halal dimakan oleh seorang Kristen. Pada tahun itu juga, kopi dibawa dari Mekkah ke jazirah India (Asia kecil) oleh orang yang bernama Baba Budan ketika pulang haji dari Mekkah.
~    1616 M Kopi dibawa dari Mocha (Yaman) ke Belanda.
~    1645 M Kedai kopi pertama dibuka di VeniceItalia.
~    1650 M Kedai kopi pertama dibuka di negeri Kristen (Christendom) tepatnya di Oxford.
~    1658 M Belanda membuka kebun pertama di Ceylon (Srilanka)
~    1668 M Kedai kopi ‘Edward Lloyd’s’ dibuka di London. Dari kedai kopi inilah kemudian Edward membuka perusahaan asuransi paling terkemuka di dunia Lloyd of London Insurance.
~    1668 M Kopi mulai dikenal di Amerika Utara.
~    1669 M Kedai kopi dikenalkan di Paris oleh duta besar Turki kepada raja Louis XIV.
~    1670 M London gandrung kopi. Kedai kopi dibuka di setiap sudut London. Kopi mulai diperkenalkan di Jerman. Di Brasilia, penanaman kopi di mulai. Jenis kopi yang ditanam adalah Coffea Arabica Lind.
~    1674 M Petisi Perempuan menentang kopi dikeluarkan di London.
~    1675 M Hidangan teh (tea house) mulai dikenalkan di Belanda. Sebelumnya yang ada cuma sajian minuman bir/malt.
~    1675 M Raja Charles II menutup seluruh kedai kopi di London, tuduhan utamanya adalah kedai kopi sebagai tempat pemufakatan makar.
~    1679 M Ahli kimia di Marseilles, Prancis memberikan kesaksian bahwa kopi merusak dan membahayakan kesehatan.
~    1679 M Kedai kopi pertama dibuka di Hamburg, Jerman.
~    1688 M Lebih dari 800 kedai kopi dibuka di daerah Soho (Inggris). Terutama oleh pelarian Kristen Calvinis dari Prancis (Huguenots).
~    1689 M Café khas Perancis pertama dibuka, bernama Café de Procope-walau dengan suasana krisis setelah pengumuman kopi merusak kesehatan.
~    1696 M Kedai kopi pertama bernama The King’s Arms dibuka di New York.
~    Seorang warganegara Belanda bernama Zwaardecroon, membawa beberapa benih tanaman dari Mekkah ke BogorIndonesia. Dan, menjadi tanaman komoditas terpenting di Hindia Belanda.
~    1706 M Kopi Jawa diteliti Belanda di Amsterdam.
~    1714 M Kopi Jawa hasil penelitian, oleh Belanda diperkenalkan dan ditanam di Jardin des Plantes oleh raja Louis XIV.
~    1720 M Kedai kopi Florian bertahan buka di Florence.
~    1723 M Gabriel du Clieu membawa biji kopi dari Prancis ke Martinique.
~    1727 M Francisco de Mello membawa biji kopi dari Prancis untuk ditanam di Brazil.
~    1730 M Inggris menanam kopi di Jamaica.
~    1732 M Johann Sebastian Bach membuat komposisi Coffee Cantata, di Leipzig. Kantata ini menggambarkan perjalanan spiritual yang juga sebagai parodi atas ketakutan orang Jerman terhadap pesatnya popularitas kopi di German (bangsa Jerman penggemar bir)
~    1777 M Raja Jerman (Prussia) mengumumkan kritikan dan pelarangan atas kopi, dan mengumumkan bir sebagai minuman nasional Jerman Raya.
~    1790 M Kedai kopi awal khas British menghilang perlahan tergantikan oleh kedai beer (tavern).
~    1802 M Cafe sebagai kata yang menunjukkan tempat mulai diperkenalkan di Inggris (sebelumnya coffee house). Kata ini berasal dari kata Prancis ‘eafé’ dan hampir seakar dengan bahasa Italia ‘caffe’. Café menunjukan sebuah tempat yang merupakan restoran dengan menu utama minuman kopi.
~    1809 M Kopi impor dari Brazil pertama kali masuk pasar Amerika di Salem, Massasuchet.
~    1820 M Zat Caffeine dalam minuman kopi ditemukan berbarengan oleh tiga penelitian berbeda – dan, tentunya masing-masing peneliti itu bekerja sendiri-sendiri – yang dilakukan oleh Runge, Robiquet, Pelletier dan Caventou
~    1822 M Prototip dari sebuah mesin kopi espresso dibuat di Prancis.
~    1839 M Kata ‘Cafetaria’ diperkenalkan sebagai kata hibrida (gabungan) dari Meksiko, Spanyol Dan Inggris.
~    1859 M Michael Thonet’s Vienna Café chair No. 14 (bangku kedai kopi khusus diperkenalkan pertama kali sebagai ‘bangku yang cocok digunakan sambil menghirup kopi’.
~    1869 M Cofee leaf rust (jamur kopi) pertama kali diketemukan di Srilanka dan tanaman kopi di Asia.
~    1873 M Kopi dalam kemasan secara massal diperkenalkan pertama kali di Amerika oleh John Arbukle.
~    1882 M Dibentuk The New York Coffee Exchange
~    1869 M Berjangkit suatu penyakit jamur di seluruh Asia yang menyebabkan kerusakkan dari kopi berjenis Coffea Arabica Lind yang waktu itu banyak ditanam di Asia. Hingga pada tahun ini orang mulai menanam bermacam-macam jenis kopi yang banyak terdapat di daerah Congo.
~    1904 M Mesin espresso dibuat modern oleh Fernando Illy.
~    1906 M Brazil menaikkan harga kopi setelah menciptakan harga (kurs) tetap untuk komoditas kopi.
~    1910 M Jerman membuat kopi decaf (pengurangan zat caffein pada kopi seminimal mungkin) Dan diperkenalkan ke Amerika dengan nama Dekafa.
~    1911 M Pedagang kopi di Amerika membentuk Asosiasi Kopi Nasional.
~    1915 M Pyrex ditemukan. Pertama kali dipakai sebagai lampu penerangan terutama di perusahaan kereta api sebagai penutup lampu yang tahan panas dan cuaca ataupun benturan fisik. Mulai diperkenalkan sebagai alat dapur, sebagai pengganti kaca. Kedai kopi menggunakan pyrex sebagai gelas tahan panas.
~    1920 M Kedai kopi ‘baru’ booming di Amerika.
~    1925 M Vienna Café chair No. 14 diikutkan dalam pameran L’esprit Nouveau di Perancis oleh Le Corbusier. Sampai tahun 1933 bangku model ini diproduksi lebih dari 50 juta.
~    1927 M Mesin kopi espresso pertama kali diperkenalkan di Amerika. Kedai kopi pertama yang memakai ‘La Pavoni’ di New York. Mesin ini didesain khusus oleh arsitek ternama Italia Gio Ponti.
~    1928 M Federasi Kopi Kolumbia dibentuk.
~    1930-1944 M Brazil memusnahkan 78 juta kantong kopi untuk menstabilkan harga.
~    1938 M Cremonesi membuat pompa piston yang dapat menyemprotkan air panas dengan keepatan tinggi untuk menyeduh kopi.
~    1938 M Nestle menemukan kopi instan di Brazil, Nestle sampai saat ini merupakan penghasil kopi instan terbesar di dunia.
~    1939-1945 M Pasukan Amerika membawa kopi instan dalam perang dan memperkenalkannya ke seluruh dunia.
~    1942 M Kopi menjadi barang yang disimpan secara sembunyi-sembunyi. Di Inggris pada masa ini kopi dijatah pada jumlah tertentu.
~    1946 M Pabrik Gaggia memproduksi mesin Capucinno secara komersial untuk pertama kali. Kata Capucinno berasal dari warna jubah pendeta Capucin (aliran Francisian-1529).
~    1948 M Achille Gaggia menemukan mesin kopi espresso secara massal di Milan.
~    1952 M Mesin Gaggia diimpor ke Inggris. Pada tahun ini kedai kopi setelah perang dunia kedua untuk pertama kali dibuka di London di bulan Juli.
~    1953 M Bar Espresso menyebar di seluruh Soho. Yang pertama kali adalah Mocha di jalan 29 Frith Street.
~    1954 M Pembatasan kepemilikan sejumlah komoditi seperti kopi berakhir dengan berakhirnya masa transisi perang dunia kedua.
~    1957 M Catherine Uttley mendaftar ada 200 bar kopi di London. Mulai banyak yang bar kopi yang memakai plastik mulai dari peralatan dapur, makan, lantai sampai furnitur.
~    1960 M Bar kopi tercatat bertambah dua kali lipat dari 1,000 menjadi 2,000 di seluruh Inggris, terbanyak di London, sekitar 500 buah.
~    1962 M Puncak dari konsumsi kopi per kapita di Amerika, 3 cangkir per orang per hari.
~    1962 M Perjanjian Internasional mengenai perdagangan kopi dibuat, tujuannya mengontrol harga.
~    1964 M Bar kopi sekarat di Inggris, tergantikan oleh restoran dengan berbagai hidangan.
~    1970 M Mokha café tutup setelah dikomplain sinis oleh penulis Amerika William S Burrough.
~    1971 M Gerai Starbuck pertama dibuka di Seattle.
~    1973 M Fair Trade Coffee pertama kali diimpor ke Eropa dari Guatemala.
~    1975 M Brazil menderita karena gagal panen, harga kopi dunia meroket.
~    1989 M Perjanjian Kopi Internasional gagal menstabilkan harga. Dalam sejarah perdagangan kopi turun ke tingkat yang paling rendah.
~    1990 M Beberapa kedai kopi tutup karena penataan ruang (redevelopment) di Inggris. Diperkenalkan organic coffee yang menjadi primadona di pasar kopi dunia.
~    1998 M Starbuck mencapai 2.000 gerai di Amerika saja. Di seluruh dunia 5.715 gerai. Sedangkan di Indonesia telah dibuka sebanyak 11 gerai. Starbuck memposisikan diri sebagai kedai kopi dengan jaringan terbesar di seluruh dunia.
·      Klasifikasi Tanaman
Upaya mengklasifikasikan tanaman kopi sudah dimulai sejak tahun 1623 oleh Caspar Bauhin, seorang botanis asal Swiss. Kemudian dirumuskan secara lebih komprehensif oleh Carl Linneus dalam karyanya “Species Plantarum” pada tahun 1753.
Kerajaan: Plantae
Divisi: Tracheophyta
Kelas: Magnoliopsida
Suku: Rubiaceae
Marga: Coffea
Spesies:
Coffea arabica (kopi arabika)
Coffea canephora (kopi robusta)
Coffea liberica (kopi liberika, kopi excelsa) dll.
·      Nutrisi pada Kopi
ü  Riboflavin (Vitamin B2): 11% dari AKG.
ü  Asam pantotenat (vitamin B5): 6% dari AKG.
ü  Mangan dan Kalium: 3% dari AKG.
ü  Magnesium dan Niacin (B3): 2% dari AKG.

·      Jenis kopi

1.      Coffea arabica

Pohon kopi arabika berbentuk perdu, namun bila tidak dipangkas ketinggiannya bisa mencapai 6 meter. Tanaman ini bisa ditanam di bawah naungan pohon peneduh ataupun lahan terbuka. Pohon kopi arabika memiliki perkaran yang dalam, bisa ditanam secara tumpang sari dengan tanaman kayu atau tanaman lainnya.
Daun kopi arabika berukuran relatif kecil dibanding jenis kopi lainnya, panjangnya 10-15 cm dan lebarnya 4-6 cm. Tanaman bisa menyerbuk sendiri, proses penyerbukan bisa terjadi diantara bungan yang terdapat dalam satu pohon. Lamanya perkembangan buah sejak berbunga hingga siap panen berkisar 7-9 bulan. Buahnya berwarna merah ketika matang dan mudah rontok.
Tanaman kopi arabika hanya tumbuh dengan baik bila dibudidayakan di atas ketinggian 1.000 meter dari permukaan laut. Idealnya ditanaam pada ketinggian 1.200-1.950 meter. Suhu harian rata-rata yang dibutuhkan tanaman kopi arabika berkisar 15-24°C dengan curah hujan 1.200-2.200 mm per tahun.

2.      Coffea canephora var. Robusta

Pohon kopi robusta bisa tumbuh hingga 12 meter bila tidak dipangkas. Tanaman ini memiliki sistem perakaran yang dangkal sehingga membutuhkan tanah yang subur. Daun kopi robusta cukup besar dengan panjang sekitar 20-35 cm dan lebar 8-15 cm.
Tanaman kopi robusta melakukan penyerbukan silang. Ukuran buahnya lebih kecil dibanding arabika. Diameternya berkisar dari 16-18 mm. Waktu yang diperlukan mulai dari berbunga hingga buah siap panen sekitar 9-11 bulan. Buah yang telah matang tetap kuat menempel pada tangkainya.
Jenis robusta bisa tumbuh dengan baik di dataran yang lebih rendah dibanding arabika, sekitar 250-1.500 meter dari permukaan laut. Tanaman ini membutuhkan suhu rata-rata yang lebih hangat, sekitar 18-36°C dengan curah hujan 2.200-3.000 mm per tahun.

3.      Coffea liberica var. Liberica

Pohon kopi liberika memiliki ukuran yang cukup besar, bila tidak dipangkas tingginya bisa mencapai 18 meter. Ukuran buah kopi liberika paling besar diantara kopi budidaya lainnya dengan diameter sekitar 18-30 mm. Hanya saja rasio berat kering terhadap berat buah segarnya sangat rendah.
Tanaman kopi liberika bisa hidup dengan baik pada ketinggian kurang dari 700 meter. Bahkan ada tipe kopi liberika yang tahan ditanam di lingkungan tanah yang memiliki tingkat keasaman tinggi seperti lahan gambut.

4.      Coffea liberica var. Dewevrei

Pohon kopi excelsa memiliki sifat-sifat yang sangat mirip dengan liberika. Tidak banyak catatan mengenai karakter jenis kopi ini. Tanaman ini bisa tumbuh dengan baik di dataran rendah pada rentang ketinggian 0-700 meter dari permukaan laut. Seperti liberika, kopi excelsa dibudidayakan secara terbatas.
·      Sebaran Budidaya
Habitat untuk budidaya tanaman kopi terletak di antara 20° garis Lintang Utara dan Lintang Selatan. Perkebunan kopi yang terletak di area tersebut terbentang mulai dari Amerika Selatan, Amerika Tengah, Asia Selatan, Asia Tenggara, hingga Afrika. Kopi arabika banyak ditanam di Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan di sisi Barat Afrika. Sedangkan kopi robusta banyak ditanam di Asia Tenggara, sisi Timur Afrika dan Madagaskar. Selain itu terdapat juga perkebunan kopi di luar garis lintang 20°, meskipun jumlahnya tidak banyak. Salah satunya di dataran tinggi Yunan, Cina.
·      Cara Budidaya Tanaman Kopi
1)      Memilih Varietas Jenis Kopi
Terdapat banyak sekali varietas jenis tanaman kopi namun hanya arabika, robusta, excelsa dan liberika lah yang paling banyak di budidayakan, namun semuanya memiliki sifat yang berbeda.
Jika lahan tanam yang akan dibudidayakan tanaman kopi berada pada ketinggian lebih dari 800 mdpl sebaiknya tanamlah tanaman kopi arabika karena sangat cocok. Jika lahan tanam berada pada ketinggian sekitar 400 mdpl hingga 800 mdpl sebaiknya tanam tanaman kopi robusta karena sangat cocok. Sedangkan jika lahan tanam berada pada dataran rendah disarankan untuk menanam jeis tanaman kopi liberika atau excelsa.
2)      Persiapan Lahan Tanam dan Pohon Pelindung
Tanaman kopi menghendaki lahan tanam denan tanah gembur yang kaya aka bahan organik. Tingkat keasaman tanah atau pH tanah yang baik adalah sekitar
5-6,5 untuk jenis kopi arabika an 4,5-6,5 untuk jenis kopi robusta.
sebelum penanaman atau pengolahan tanah, tanamlah pohon pelindung tanaman kopi. Biasanya pohon yang digunakan sebagai pohon pelindung tanaman kopi adalah pohon lamtoro, sengon ataupun dadap. Fungsi dari pohon-pohoon tersebut adalah untuk mengatur intensitas cahaya matahari yang masuk karena tanaman kopi tidak membutuhkan cahaya matahari secara penuh. Jika pohon yang akan dijadikan pohon pelindung tanaman adalah pohon sengon maka tanamlah 4 tahun sebelum budidaya kopi dilakukan, jika menggunakan pohon lamtoro maka tanamlah 2 tahun sebelum budidaya kopi dilakukan. Jangan lupa lakukan perawatan pada poohon pelindung berupa pemangkasan daun dan penjarangan.
3 bulan – 6 bulan sebelum penanaman buatlah lubang tanam dengan ukuran 60 cm x 60 cm x 60 cm (pisahkan tanah galian atas dan galian bawah). Lalu biarkan, setelah memasuki 2 bulan sebelum penanaman tanah galian bawah dicampur dengan 200 gr belerang dan 200 gr kapur lalu dimasukan dalam lubang tanam. setelah memasuki 1 bulan sebelum tanam masukkan galian tanah bagian atas yang sudah di campur dengan 20 kg kompos dalam lubang tanam.
Lubang tanam dibuat dengan jarak tanam sekitar 2,75 m x 2,75 m untuk jenis kopi robusta dan 2,5 m x 2,5 m untuk jenis arabika, Namun jarak tersebut dapat disesuaikan dengan kondisi lahan, apabila lahan semakin tinggi maka jaraknya semakin jarang apabila semakin rendah lahan maka jarak tanamnya semakin rapat.
3)      Pembibitan Tanaman Kopi
Pilihlah bibit kopi yang unggul apabila untuk budidaya agar hasilnya pun dapat memuaskan. Biasanya untuk budidaya kopi paling sering adalah kopi arabika dan robusta.
Sumber tanaman atau bibit kopi robusta biasanya menggunakan varietas seperti varietas USDA 762, S 795, Kartika 1 dan 2. Sedangkan sumber tanaman kopi budidaya jenis robusta biasanya menggunakan klon seperti klon BP 358 atau klon BP 42.
Perbanyak bibit tanaman kopi dapat dilakukan dengan cara generatif ataupun vegetatif. Cara generatif atau menggunakan biji biasa dilakukan untuk memperbanyak bibit kopi jenis arabika. Cara vegetatif atau menggunakan cara stek biasanya sering dilakukan untuk memperbanyak bibit kopi jenis robusta. Masing-masing cara atau teknik tersebut memiliki kelemahan dan keunggulan masing-masing.
4)      Penanaman Tanaman
Jika lahan tanam, pohon pelindung serta bibit telah siap, selanjutnya lakukan penanaman. Gali dahulu lubang tanam yang telah di buat beberapa bulan yang lalu dengan kedalaman disesuaikan dengan panjang akar tanaman. Setelah lubang tanam siap, sebelum dimasukkan dalam lubang tanam yang telah dibuat, pangkas daun hingga tersisa skitar 1/3 bagian daun saja agar mengurangi penguapan. Barulah lepaskan polybag pada bibit kopi, lalu masukan bibit pada lubang tanam dan untuk bibit yang memiliki akar tunjang usahakan agar akar tetap tegak lurus. Timbun kembali dengan tanah, lalu beri ajir bila perlu beri ajir agar tanaman tidak roboh.
5)      Perawatan Tanaman
~    Penyulaman
Setelah penanaman, bibit diperiksa setidaknya setiap 2 kali seminggu dan apabila sudah berumur sekitar 1 hingga 6 bulan pemeriksaan tanaman dilakukan setidaknya sekali dalam sebulan. Selama periode pemeriksaan berlangsung apabila ada tanaman bibit kopi yang mati maka lakukan penyulaman dengan menggantinya dengan tanaman yang baru.
~    Pemangkasan
       Ada 2 tipe pemangkasan pada budidaya kopi yaitu pemangkasan berbatang ganda dan berbatang tunggal. Pemangkasan berbatang ganda biasanya dilakukan pada tanaman kopi robusta sedangkan pemangkasan tunggal pada tanaman kopi arabika. Berdasarkan tujuannya ada 3 macam pemangkasan yaitu:
Ø  Pemangkasan Pembentukan
Pemangkasan pembentukan ditujukan untuk membentuk kerangka tanaman seperti tinggi, percabangan serta bentuk tajuk tanaman.
Ø  Pemangkasan Produksi
Pemangkasan ini ditujukan untuk membuang cabang yang sudah tidak produktif dan memfokuskan agar tanaman fokus menumbuhkan cabang yang produktif, selain itu tujuan pemangkasan ni juga untuk membuang cabang yang terserang hama penyakit.
Ø  Pemangkasan Peremajaan
Pemangkasan ini dilakukan pada tanaman yang mengalami penurunan produksi atau tajuknya sudah tidak beraturan. Biasanya pemangkasan ini dilakukan setelah pemupukan agar terjaga ketersediaan nutrisinya.
6)      Pemupukan
Pemupukan bisa menggunakan pupuk organik atau juga pupuk buatan. Kebutuhan pupuk pada setiap tanaman kopi adalah 20 kg/tanaman. Pemberian pupuk dilakukan dengan cara ditabur secara melingkar pada tanaman dan pemberiannya dilakukan sekali dalam 1 atau 2 tahun.
7)      Penyiangan
Lakukan penyiangan gulma setiap 2 minggu pada saat tanaman masih muda dan apabila tanaman sudah dewasa lakukan penyiangan gulma seperlunya saja.
8)      Pemanenan
Apabila budidaya dilakukan secara intensif maka pada umur 2,5 hingga 3 tahun untuk jenis robusta sudah mulai berbuah, dan untuk jenis arabika pada umur 3 tau 4 tahun. Biasanya saat pemanenan pertama kopi tidak begitu banyak namun pada umur sekitar 7 hingga 9 tahun produktifitas kopi akan mencapai puncanya. Pemanenan kopi dilakukan secara bertahap dan dapat terjadi 4-5 bulan dengan interval waktu pemetikan setiap 10 hingga 14 hari.
9)      Hama dan Penyakit
Hama Dan penyakit yang sering menyerang tanaman kopi adalah Hama penggerek buah kopi, Penyakit karat daun (HV), dan Penyakit serangan nematoda. Semua itu dapat diatasi dengan penggunaan pestisida yang sesuai dan dosis yang benar.

·      Manfaat Kopi
a)      Meningkatkan Stamina
Kopi memiliki kandungan zat kafein yang tinggi. Adenosin dalam tubuh bekerja sebagai sel yang menyebabkan rasa ingin tidur terhadap otak. Kafein dalam kopi mempengaruhi kinerja sel dan menjadikan pergerakannya lebih lambat.  Sehingga membuat perasaan segar lebih lama.
b)      Mencegah Kanker
Antioksidan pada kopi membantu menekan resiko gejala kanker pada tubuh. Penelitian di Jepang pada sejumlah wanita yang mengkonsumsi kopi 2 kali sehari, resiko terjadinya kanker usus besar menurun sebesar 25%.
c)      Menjaga Kesehatan Mulut
Kopi memiliki sifat anti bakteri yang baik bagi kebersihan mulut. Hal ini dapat membantu penyembuhan gigi berlubang, plak dan infeksi gusi. Tentu saja berpeluang besar untuk menekan resiko kanker mulut.
d)     Mengurangi Resiko Diabetes
Penghambatan penyerapan gula dapat dilakukan dengan mengkonsumsi kopi. Kandungan zat asam klorogenat mambantu kinerja hal ini pada peningkatan pembentukan insulin. Para ahli telah membuktikan penyakit diabetes yang terjadi pada seseorang, dapat diturunkan sebesar 50% berkat manfaat kopi.
e)      Mengurangi Resiko Penyakit Alzheimer dan Demensia
Alzheimer merupakan salah satu penyakit yang kebanyakan menyerang orang yang telah berusia 65 tahun ke atas. Kopi telah teruji dapat meningkatkan perlindungan terhadap penyakit yang berhubungan dengan degradasi fungsi saraf.
f)       Mencegah Parkinson
Selain alzheimer, parkinson merupakan salah satu penyakit yang paling populer yang penyebabnya adalah degradasi fungsi saraf dalam tubuh manusia. Konsumsi kopi secara rutin dapat meningkatkan perlindungan terhadap penyakit parkinson.
g)      Meningkatkan mood
Banyak orang yang secara tidak sadar lebih bergairah dan ceria ketika meminum kopi. Kopi memang merupakan salah satu minuman yang dapat meningkatkan mood seseorang, tidak hanya itu ia juga dapat memberikan efek korelasi pada kebahagiaan.
h)      Untuk Masker Wajah
Manfaat kopi banyak digunakan untuk pembuatan masker wajah pada salon-salon kecantikan. Kegunaannya menjadikan kulit kencang dan mengangkat sel kulit mati. kopi dapat digunakan sebagai krim anti mikroba untuk pembersih wajah
i)        Perawatan Kulit Kepala
Menurut penelitian kandungan kafein pada kopi menjadikannya sebagai anti kerontokan. Antioksidan disini yang berperan aktif untuk menjaga kulit kepala.
j)        Menyegarkan Kulit Tubuh
Manfaat kopi memaksimalkan pelepasan sel-sel kulit mati yang berdampak pada peremajaan kulit, sehingga kulit tampak selalu sehat dan bercahaya. Cukup gunakan scrub berbahan kopi untuk perawatan kulit secara teratur.
k)      Untuk Pedicure dan Manicure
Aromaterapik bubuk kopi membantu membersihkan siku hitam dan tumit kakai yang retak. Selain itu kopi ternyata juga dapat digunakan untuk meningkatkan kekencangan kulit tubuh serta untuk membantu menjaga penuaan dini.
l)        Ampas Kopi Sangat Baik Untuk Mengencangkan Wajah
Banyak yang telah merasakan bagaimana ampas kopi memiliki peran penting bagi kecantikan. Cukup membuat ampas kopi sebagai masker, maka dapat menambah kekencangan kulit hingga menjadikannya lebih mudah terawat.
m)    Dapat menghilangkan stress dan depresi
n)      Mengobati sesak nafas
o)      Aroma kopi efek menenangkan
p)      Dapat memberikan efek tahan lama pada tubuh pada saat lembur karena mengurangi rasa kantuk
q)      Melembutkan kulit
r)       Mencegah penuaan dini
·      Efek Samping Kopi
-          Kopi dapat menyebabkan sulit tidur, efek kafein yang menyebabkannya
-          Kopi dapat menyebabkan jantung berdebar lebih kencang.
-          Tidak cocok anda konsumsi sebelum atau sesudah olahraga, karena dapat berbahaya
-          Tidak cocok di konsumsi ibu hamil secara berlebihan.
-          Dilarang untuk asam lambung
-          Dilarang untuk penderita darah tinggi
-          Dilarang untuk penderita radang usus.
-          Kopi cukup “Panas” bisa menyebabkan sakit tengorokan dan sariawan / panas dalam.
·      Tips Konsumsi Kopi
v  Minum maksimal 2 gelas 1 hari
v  Hindari minum di malam hari, usahakan tidak lebih dari jam 4 sore
v  Jangan konsumsi kopi bersamaan dengan durian
v  Jangan konsumsi kopi dengan gula berlebih
v  Usahakan kopi di minum < 3 jam setelah di buat.














Daftar pustaka
https://alamtani.com/budidaya-kopi/               29/12/2018 14.55



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manfaat Air putih untuk Kecantikan

  Manfaat Air putih untuk Kecantikan   Air putih banyak manfaat dikehidupan sehari-hari, terutama untuk metabolisme tubuh. Selain itu juga b...